Wisata sejarah di kawasan Dago Bandung

D’Pakar

IMG-20160723-WA0012

Jika anda memutuskan untuk berlibur ke Dago Pakar, lebih baik menikmati tempat wisata ini dengan berjalan kaki melewati lintasan jalan setapakĀ  yang ada di taman hutan. Dengan berjalan kaki membuat kita lebih dapat menikmati suasana alam dan hawa yang menyegarkan. Sepanjang perjalanan kita akan jumpai peninggalan bersejarah yaitu Gua Belanda dan Gua Jepang dan lainya :

  1. Gua Jepang

Gua ini adalah sebuah gua yang dibangun pada 1942 ketika Jepang masih menjajah bumi Indonesia. Lokasi tempat ini dari pintu masuk Dago Pakar kurang lebih berjarak 600 meter. Gua Jepang ini mempunyai 4 buah pintu ada yang besar dan ada yang kecil yang saling berhubungan, kecuali pintu yang kedua. Pintu ini memang sengaja dibangun untuk mengecoh musuh.

Gua yang panjang/kedalamannya mencapai lebih dari 70 meter ini berfungsi sebagai benteng perlindungan/pertahanan dan juga perlindungan tentara Jepang di wilayah Bandung Utara. Di dalam gua ada 4 kamar yang dulu berfungsi sebagai tempat istirahat para panglima tentara Jepang. Saat tentara Jepang pergi dari nusantra, Gua ini sempat tidak terawat, gua dibiarkan terlantar sehingga banyak ditumbuhi semak-semak belukar. Akan tetapi Gua tentara Jepang ini kembali ditemukan lengkap dengan amunisi beserta senjata-senjat yang pernah dipakai oleh tentara Jepang. Penemuan ini terjadi pada tahun 1965.

  1. Gua Belanda

Selanjutnya ada Gua Tentara Belanda yang jaraknya dari Gua tentara Jepang kurang lebih hanya 400 meter saja. Nah, Gua tentara Belanda ini tampak lebih luas bila dibandingkan dengan Gua tentara Jepang dan kondisinya juga lebih terawat baik. Hal ini karena Gua tentara Belanda memang pernah mengalami renovasi beberapa kali.

Gua tentara Belanda pada masa lalu dipergunakan sebagai terowongan ntuk saluran air Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok, selanjutnya dimanfaatkan menjadi pusat komunikasi khusus bagi Tentara Belanda dan setelah proklamasi kemerdakaan, gua ini difungsikan untuk tempat menyimpan persediaan mesiu. Gua tentara Belanda ini dibangun pada tahun 1941.

IMG-20160723-WA0013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *