Persiapan Stay At Home

Di sisi lain, Stay At Home bukanlah hal yang bisa diputuskan hanya dalam semalam. Butuh pertimbangan dan persiapan matang sebelum melakukannya karena keputusan ini mencakup hajat hidup banyak orang.

Namun sebagai individu, ada sejumlah persiapan yang bisa kita lakukan sendiri sebelum Indonesia memutuskan untuk Stay At Home. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Persiapkan alat sanitasi untuk di rumah

Hal pertama yang perlu kamu siapkan untuk menghadapi Stay At Home adalah alat-alat sanitasi. Misalnya sabun cuci tangan, sabun mandi, hand sanitizer, cairan desinfektan, tisu, dan lain sebagainya.

Kenapa kita harus menyiapkannya? Sebab salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Walaupun begitu, beli secukupnya ya karena bukan kamu saja yang membutuhkannya.

2. Persiapkan masker untuk berjaga-jaga

Masker kesehatan kini semakin sulit untuk ditemukan di pasaran. Jika ada pun harganya sudah melonjak cukup tinggi. Sebenarnya masker juga penting untuk dipersiapkan ketika ada orang rumah yang sakit atau saat kita ingin keluar rumah untuk kepentingan yang mendesak. Namun jika tidak ada, tak perlu dipaksakan.

Opsi lain adalah dengan membuatnya sendiri seperti yang dicontohkan oleh Cambridge University. Para peneliti merekomendasikan kain sarung bantal atau kaus katun yang bisa menyaring udara dengan cukup baik.

3. Persiapkan stok makanan untuk batas waktu yang ditentukan

Jika Stay At Home benar-benar dilaksanakan, kamu tidak bisa keluar rumah selama batas waktu yang ditentukan. Entah dua minggu, tiga minggu, atau bahkan lebih. Maka dari itu, ada baiknya untuk memenuhi stok makanan.

Yang paling penting adalah beras, lauk pauk, buah, sayuran, susu, dan air mineral. Pastikan kamu memiliki makanan dengan semua kandungan gizi yang diperlukan agar sistem imunmu tetap kuat di tengah wabah.

4. Penting pula menyimpan makanan tanpa tanggal kedaluwarsa

Memangnya ada ya makanan yang gak ada kedaluwarsanya? Ada, kok. Makanan seperti ini sangat penting untuk disimpan selama Stay At Home karena tidak akan membusuk. Contohnya seperti kurma, buah-buahan kering, kacang kering, dan madu.

Ada pula makanan yang punya tanggal kedaluwarsa tapi bisa dibilang tahan lama. Seperti dendeng, abon, ikan asin, atau makanan kalengan. Dengan memiliki stok makanan tersebut, gizimu akan tercukupi walaupun tidak makan makanan segar.

5. Suplemen wajib ada di rumah

Langkah pencegahan yang tepat untuk menghadapi virus corona adalah dengan menjaga sistem imun tubuh. Kamu bisa mendapatkannya dari makanan yang bergizi serta suplemen dan vitamin tablet. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk memiliki stok keduanya di rumah. Jangan lupa untuk mengonsumsinya secara teratur, ya.

6. Bersihkan rumahmu terlebih dahulu

Sebenarnya upaya ini perlu dilakukan secara rutin. Namun sebelum Stay At Home benar-benar dijalankan, sebaiknya segeralah bersihkan rumahmu. Kamu juga bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke barang-barang yang sering digunakan, seperti permukaan kulkas, meja makan, meja kerja, dan lain-lain. Tidak hanya untuk memproteksi diri dari virus penyakit, upaya ini akan membuat kita lebih betah di rumah selama Stay At Home.

7. Persiapkan hiburan agar tidak bosan selama di rumah

Diam di rumah selama beberapa hari bukanlah masalah. Namun ketika durasi tersebut diperpanjang hingga berminggu-minggu kamu pasti merasa bosan. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan berbagai hiburan sebelum Stay At Home terjadi.

Misalnya, jika kamu suka nonton film, kamu bisa berlangganan aplikasi streaming berbayar. Kalau kamu hobi baca buku, coba bongkar lemarimu, mungkin di sana ada buku yang belum kamu baca. Jadi walaupun di rumah saja, kamu tetap merasa senang.

8. Walaupun di rumah saja, jangan lalai melakukan pencegahan virus corona

Rumah bisa dibilang merupakan tempat yang aman dari virus corona. Akan tetapi jangan biarkan hal ini membuatmu lalai untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Ingatlah untuk selalu mencuci tangan, tidak makan sembarangan, membersihkan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

Terakhir, penting juga untuk menjaga agar kita tidak cemas berlebihan dalam menghadapi wabah ini. Kunci untuk melawan virus corona adalah tubuh yang sehat, imun yang kuat, serta diri yang bersih dan bahagia. Jangan biarkan kecemasanmu justru membuatmu lalai, ya.

Jika tidak ingin Stay At Home terjadi, semua orang di negara ini harus mematuhi semua anjuran. Mulai dari social distancing, tidak bertamasya, hingga WFH bagi yang memungkinkan. Jika setiap individu melakukannya, tingkat penjangkitan COVID-19 di negara ini bisa diminimalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *