Obyek Wisata Kulon Progo, Kalibiru-Waduk Sermo

Dua tempat wisata dalam satu paket dapat ditemui di Kulonprogo, tepatnya wisata kalibiru yang menjanjikan spot berfoto yang fotogenik dan waduk sermo yang menyediakan wisata air menikmati indahnya waduk. Waduk sermo ini terletak di Desa Hargowillis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Perjalanan ke kedua tempat tersebut bisa melalui dua jalur utama, yakni melalui Sentolo-Clereng atau rute yang agak panjang melalui Kota Wates. Jaraknya kurang lebih 33 km dari pusat Kota Jogjakarta. Hingga ke Waduk Sermo perjalanan bisa dilakukan dengan menggunakan bis namun untuk mencapai Kalibiru anda wajib menggunakan kendaraan yang lebih kecil karena kurang lebarnya jalan, bahkan pada lokasi-lokasi tertentu seperti tanjakan tajam kendaraan akan diarahkan berhenti menunggu kendaraan dari arah sebaliknya untuk melintas. Jalan menanjak dan berbelok tajam menjadikan perjalanan anda lebih sensasional, namun anda tidak perlu khawatir karena banyak pemandu jalan di sepanjang jalur menuju lokasi yang siap untuk mengamankan perjalanan anda.
Waduk Sermo
Ketika Anda sedang jenuh dengan suasana keramaian kota dan butuh suasana yang lebih tenang dan sejuk, mungkin Anda sebaiknya mampir ke waduk ini. Di Waduk Sermo ini Anda dapat melihat atau sekedar bersantai menikmati pemandangan air waduk dan hutan di sekitarnya yang indah dan sejuk dari balik bukit. Spot-spot foto di tempat ini sangat banyak dan lumayan indah, anda hanya perlu menikmati dan mengelilingi waduk ini dan spot foto akan dan temukan di sepanjang perjalanan. Mengelilingi waduk ini akan lebih asyik jika menggunakan sepeda dan dilakukan bersama-sama sayangnya di lokasi belum tersedia fasilitas persewaan.

Jika anda ingin mengabadikan momen dari atas air, untuk ini malah tersedia fasilitas sewa perahu yang bisa menemani anda berkeliling. Harga sewanya juga murah, cuma 10.000/orang dan anda bisa berkeliling waduk selama sekitar 15 menit.
Wisata Kalibiru.
Jika anda pernah melihat foto indah orang berfoto di atas panggung yang menyatu dengan pohon, maka mungkin itu adalah produk spot foto di tempat ini. Tempat ini terletak di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo.

Lokasi tempat wisata ini memang berada di atas bukit, dan hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek motor yang tersedia. Namun langkah gontai anda, akan terbayar dengan pemandangan indahnya. Sambil menunggu antrian berfoto, anda bisa menikmati pemandangan serta sejuk dan segarnya udara di atas bukit ini.

Dengan tarif berfoto berkisar antara 15-30 ribu rupiah tergantung jenis panggungnya. Tempat ini memang menjual spot foto yang menawan, ada 6 pilihan spot lengkap dengan fotografer profesional yang akan mengabadikan momen terbaik anda ini. Semua foto spot yang ada akan berlatarkan waduk sermo yang akan terlihat sangat indah di frame foto anda. Bagi anda yang fobia ketinggian, anda tidak perlu khawatir karena semua spot foto dilengkapi dengan piranti keselamatan standar. So, abadikan momen di lokasi menawan.

Rio Zakaria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *