Motor Klasik Vespa Kongo

Semua pecinta motor pasti tahu Vespa adalah skuter buatan Italia. Tapi tidak untuk Vespa Kongo ini, karena perakitannya dilakukan di Jerman, oleh Vespa GmbH Augsburg yang berdiri pada tahun 1958.

Vespa Kongo cukup mudah dikenali melalui ciri-cirinya yang sangat khas, seperti adanya lambang burung Garuda pada bodi bagian depan sebelah kiri. Bagian speedometer berbentuk kotak agak besar, berbeda dengan tipe Vespa lainnya. Lalu, nomor mesinnya diawali dengan kode VGLA1M atau VGLB1M.

Vespa Kongo ini selain karena ada sejarahnya dengan Pasukan Garuda Indonesia, bentuknya membulat semua.  Sebagai bukti otentifikasi, pada BPKB Vespa Kongo terdapat keterangan Ex-Brigade III.

Kadaka Furniture

Selain itu, di bagian setang sebelah kiri disematkan tanda prajurit berbentuk oval dari bahan kuningan, serta piagam penghargaan yang menyertainya. Vespa Kongo yang diberikan kepada para prajurit ini identik dengan warna hijau metalik, kuning gading, krem, dan biru muda.

Kebanyakan skuter ini merupakan produksi tahun 1963. Kapasitas mesinnya sendiri ada yang 150 cc dan 125 cc. Melihat tingginya minat masyarakat Indonesia akan Vespa Kongo, para importir Vespa memboyong Vespa VGLA dan VGLB untuk dijual secara umum.

Sebagian yang diimpor memiliki spesifikasi yang identik dengan Vespa Kongo milik kontingen Pasukan Garuda Indonesia.  Tentunya tidak banyak Vespa Kongo kontingen Pasukan Garuda Indonesia yang masih bertahan atau menunjukkan eksistensinya hingga sekarang. Dengan kata lain, jumlah Vespa ini sangat sedikit sekali di Indonesia. Sekalipun ada, dipastikan harganya sangat tinggi, bisa mencapai Rp 50 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *