Kolam Renang Cigugur, wisata ikan dewa

 

Kolam renang Cigugur atau masyarakat setempat biasa menyebutnya sebagai Balong Keramat Cigugur merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan. Objek wisata yang kini dikelola oleh PDAU Kabupaten Kuningan tersebut dikenal sebagai habitat ikan langka yang disebut Kancra Bodas/IkanDewa(Labaebarbus Dournensis) yang mana ikan ini jarang dijumpai di daerah lain.

Masyarakat Kabupaten Kuningan memiliki mitos ikan dewa yang terdapat di Balong Keramat di Cigugur, dan tempat lain seperti Waduk Darmaloka, Desa Ragawacana Kec Kramatmulya, cibulan di desa Manis Kidul Kec Jalaksana serta di Kec Pasawahan. Oleh masyarakat sekitar ikan ini tidak pernah diganggu apalagi dipancing untuk dikonsumsi.

Selain ikan dewa di kolam ini juga terdapat ikan Nilem Mangut(Osteochilus hasseltii).
Ikan Mangut ini mempunyai banyak keunggulan ikan terapi lainnya, ikan ini bisa mencapai ukuran sekitar 10 inchi, tetapi untuk terapi bisa mulai dari ukuran 2 inchi, mulutnya tak bergigi akan tetapi ditutupi lipatan kulit lunak, berumbai yang berupa otot elastis serta berguna untuk menghisap benda/makanan dan kulit mati, Ikan ini bersifat herbivora atau pemakan dedaunan, tidak galak dan sangat bersahabat dengan manusia.

Untuk masuk ke objek wisata kolam cigugur ini hanya membeli tiket masuk seharga Rp.7000. Di objek wisata ini kita akan dimanjakan dengan ikan dewa dan terapi ikan nilem layaknya di spa-spa modern, udara sejuk dari pegununggan dan keindahan pemandangan di sekitarnya. jika Anda memasukan kaki ke dalam kolam. Anda akan merasakan dinginnya air kolam,atau kalau kuat dengan sensasi gelinya, kaki Anda akan di rubungi segerombolan ikan-ikan nilem kecil sontak tanpa dikomando dan menggigit kulit mati di sekitar kaki Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *