Gowes – gowes olahraga kaki yang menyenangkan

Jika ingin bersepeda, tentunya kita butuh sepeda ya kan?. Untuk memilih sepeda yang cocok, kita harus pertimbangkan tinggi badan kita dan kondisi jalan. Pilih sepeda yang sesuai tinggi badan kita. Standarnya, tinggi sepeda bisa dicapai dengan cara kaki ber-jinjit sedikit. Usahakan ketika mengayuh pedal sepeda, lutut dapat tertekuk sempurna sudut 90 derajat. Jenis sepeda kita juga disesuaikan dengan kondisi jalan yang akan kita lalui. Apabila rute perjalanan kita melewati jalanan kota, pilih sepeda dengan roda yang tipis, contohnya jenis sepeda fixie atau sepeda lipat. Jika perjalanan melewati jalan yang tidak rata, sebaiknya pilih sepeda jenis sepeda gunung atau sepeda ber roda tebal dan kasar.

FB_IMG_1471444744474

Cek kondisi ban dan rem sepeda sebelum kita berangkat. Kalau perlu, tambahkan lampu atau gunakan bahan yang berpendar agar terlihat oleh pengendara lain, terutama pada saat cuaca mendung atau pada saat malam hari.Kelengkapan Bersepeda
Selain mempersiapkan sepedanya, kita juga harus mempersiapkan peralatan bersepeda untuk keselamatan dan kenyamanan kita mulai dari pakaian, sepatu, kaos kaki, helm, dan kaos tangan. Usahakan kita menggunakan pakaian yang berbahan menyerap keringat. Pakaian dengan bahan spandex sangatlah sesuai untuk bersepeda, sebab kain spandex akan selalu mengikuti bentuk tubuh kamu. sebaiknya hindari penggunaan celana panjang ketika bersepeda. Celana panjang akan dengan mudah tersangkut di rantai sepeda sehingga menimbulkan kecelakaan. Gunakan sepatu yang berbahan lentur agar nyaman ketika mengayuh sepeda. Disarankan untuk menggunakan kaos tangan untuk menghindari selip di bagian telapak tangan ketika berkeringat.

Peregangan atau biasa disebut dengan stretching otot sangat diperlukan dalam setiap jenis olahraga, demikian pula dalam olahraga bersepeda. Peregangan otot dapat menghindarkan tubuh dari terjadinya kram karena kegiatan tersebut dapat melenturkan otot-otot dan membuat otot-otot lebih mudah untuk beradaptasi. Fokuskan stretching di bagian kaki dan punggung. Kedua bagian tersebut merupakan daerah yang paling aktif ketika kita bersepeda.

Saat kita bersepeda, kita juga harus memperhatikan adanya rambu-rambu lalu lintas. Hal Ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Selain itu, banyak di kota-kota besar yang sudah memiliki jalur khusus bersepeda sehingga jalur ini bisa dimanfaatkan dengan leluasa untuk bersepeda. Apabila tidak ada jalur sepeda, setidak-tidaknya tetap berada di sisi paling kiri bila kita bersepeda di jalan raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *