Ciwidey, taman wisata di bandung selatan

Ciwidey adalah daerah kecamatan di Kabupaten Bandung. Nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis Kuno, yakni dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Kecamatan ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung, berbatasan langsung  dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur Selatan. Sejak dahulu, Ciwidey telah dikenal sebagai tempat wisata di Bandung yang cukup indah, juga merupakan daerah penghasil produk pertanian dan perkebunan di Jawa Barat.

Pesona wisata Ciwidey Kabupaten Bandung terlukis dalam tujuh tempat wisata sebagai berikut ini:

1. Situ Patenggang

Keindahan alam danau di Perkebunan Rancabali Ciwidey Kabupaten Bandung yang satu ini, Anda dapat menikmati suasana sejuk sambil berkeliling danau dengan perahu. Kita dapat menyewa perahu yang biayanya berkisar antara Rp 150 ribu hingga 250 ribu, tergantung ukuran dan kapasitas perahu yang Kita pilih.

Cara yang paling lazim menikmati danau ini adalah bareng-bareng bersama dengan teman-teman atau keluarga. Situ Patenggang adalah salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup favorit di Bandung.

Harga tiket masuk ke kawasan taman wisata alam Situ Patenggang, Anda harus membayar tiket masuk ke  Situ Patenggang sebesar Rp 15 ribu per orang. Itu belum termasuk tarif masuk kendaraan. Untuk tarif masuk (biaya parkir) mobil minibus adalah sebesar Rp 11 ribu, tarif masuk (biaya parkir) mobil bus adalah Rp 22 ribu.

2. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih terletak di Rancabali Ciwidey, Kita akan menjumpai panorama alam yang memikat, air danau berwarna kehijauan terlihat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau. Di sebelah danau, berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuh-tumbuhan lainnya. Tempat wisata Kawah Putih adalah yang  paling favorit di Ciwidey, banyak wisatawan ingin menikmati keindahan alam yang ada di sana.

Harga tiket masuk ke tempat wisata di Ciwidey Bandung ini, Kita harus membayar tiket masuk Kawah Putih sebesar Rp 15 ribu per pengunjung. Jika Anda membawa kendaraan roda empat, akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 15 ribu per mobil.

3. Perkebunan Rancabali Ciwidey

Di Perkebunan Rancabali Ciwidey, Kita akan mendapati panorama perkebunan teh yang sangat memikat hati. Jika Anda ingin mengunjungi pabrik teh yang sudah ada di sini, tersedia paket wisata kunjungan pabrik dengan biaya sekitar Rp 5 ribu per orang. Jika ingin menggunakan jasa pemandu wisata, dikenai biaya panduan sebear Rp 30 ribu.

Dalam kunjungan ke pabrik ini, Anda kita mendapatkan pengetahuan mengenai proses-proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai ke pengolahan teh. Untuk dapat sampai di lokasi perkebunan teh ini, Kita dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi dari pusat kota Bandung.

4. Kebun Strawberry di Desa Alam Endah Ciwidey

Di Kebun Stroberi (strawberry), Anda akan menikmati hamparan kebun stroberi dan bahkan dapat memetik langsung buah-buah tersebut. Cara yang paling menarik menikmati wisata di kebun ini adalah dengan berjalan-jalan merasakan kesejukan alam di kebun stroberi yang terbentang luas.

Ingin mencicipi buah stroberi? Di tempat wisata Ciwidey Kabupaten Bandung yang satu ini, Anda dapat langsung menyantap buah-buah stroberi yang dipetik sendiri dari dahan-dahan tanaman stroberi. Jika Anda suka, maka Anda dapat mengetahui cara menanam pohon stroberi di kebun ini.

5. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu adalah kolam pemandian air panas di Ciwidey, berada di ketinggian sekitar 1.100 m dpl.

Areal pemandian air panas ini berada di sekitar hamparan perkebunan teh yang luas.

Untuk dapat sampai di pemandian air panas Cimanggu Ciwidey, Anda hanya perlu menempuh perjalanan dari Pusat kota Bandung sejauh 45 km. Dari Kota Bandung, Anda dapat mengambil jalur Soreang – Banjaran – Pangalengan.

6. Pemandian Air Panas Walini

Pemandian Air Panas Walini adalah  kolam air panas di Ciwidey selain kolam air panas Cimanggu. Pemandian air panas Walini ini menggunakan air yang bersumber dari air panas alam. Di tempat ini, tersedia juga kolam renang air panas.

Areal pemandian air panas Walini berada di tengahperkebunan teh, memberikan Kita hawa sejuk yang begitu menyegarkan. Untuk dapat tiba ke tempat wisata Walini Ciwidey Bandungini, Anda hanya perlu pergi ke area perkebunan Kebun Teh Walini, dan akan menemukan kolam pemandian air panasnya. Lokasinya tidak jauh dari area Situ Patenggang.

 

7. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Tempat wisata perkemahan di Ciwidey ini terletak tidak jauh dari objek wisata Kawah Putih keatas sedikit, berada di desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey. Jika Anda berangkat dari Kec Pangalengan,

Jika ingin berwisata di bumi perkemahan Ranca Upas, Kita harus membayar tiket masuk Bumi Perkemahan Ranca Upas sebesar Rp 10 ribu per orang. Jika Kita membawa kendaraan mobil, dikenai biaya parkir sebesar Rp 5 ribu, untuk kendaraan sepda motor sebesar Rp 2 ribu.

Bumi Perkemahan Ranca Upas ini selalu ramai akan kunjungan wisatawan, terlebih di saat akhir minggu dan hari libur. Tempat ini adalah salah satu wisata alam Bandung yang ter favorit. Di sana, juga ada warung penjual makanan. Jika ingin berkemah, Anda dapat menyewa peralatan untuk berkemah yang tersedia. Di tempat ini juga terdapat area penangkaran hewan rusa. Anda dapat melihat rusa-rusa sembari berkemah di tempat wisata yang sangat sejuk nan segar.

IMG-20160809-WA0008

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *