Berkunjung ke Museum Gunung Merapi

MGM…ya, namanya MGM tapi bukan MGM studio di Hollywood melainkan Museum Gunung Merapi. Terletak di sekitar Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 23 km dari pusat kota Jogja ke arah Utara. Kawasan yang lumayan dingin karena memang terletak di kaki merapi sebelah barat daya. Bangunannya terlihat megah sejak kita memasuki gerbangnya, tempat parkir luas di kanan kiri jalan masuknya.

mgm1

Namanya aja museum gunung merapi, yang ada di sini cuma info tentang gunung merapi. Eiitts….. tapi jangan ngerasa bosen dulu, karena semua info yang disajikan di museum ini disajikan dengan teknologi yang modern. Contohnya, di bagian lobby gedung  terdapat diorama melingkar Gunung merapi berdiameter 5-6 meter yang sudah dilengkapi visual dan sound effect letusan yang bisa disetel pengunjung, tinggal pencet deh tombol-tombolnya … kereeenn.

mgm2mgm3

Di lantai satu, kita akan menemukan informasi sejarah ‘hidup’ gunung merapi dari abad 18 lengkap dengan foto-foto klasik yang keren punya. Lorong memutarnya memungkinkan kita mengeksplore museum ini tanpa bosan karena tempatnya keren buat dijadiin spot selfie berfoto ria.

mgm4mgm5

Sejarah dan fakta tiap terjadi erupsi disajikan dengan detil sehingga kita bisa merasakan sifat si gunung yang merupakan gunung api teraktif di Indonesia. Foto-foto keganasan sang wedhus gembel yang fenomenal menghancurkan ribuan hektar pedesaan dan lahan pertanian bisa bikin kita merinding. Belum lagi, diorama-diorama kecil di setiap sudutnya yang menambah pengetahuan kita akan kegunungapian.

Di lantai dua juga terdapat koleksi foto-foto saksi bisu setiap erupsi yang terjadi. Dan klimaksnya kita dapat menonton cinema/bioskop tentang gunung merapi. Hampir serupa sih dengan sinema yang di Dieng  tapi dengan film yang berbeda.

Oia, bahkan berselfis dengan latar bagian depan gedungnya saja sudah keren karena desain bangunannya yang unik. Wisata keluarga ke sini yuk, selain menikmati sejuknya pegunungan jogja juga memberi tambahan pengetahuan buat anak-anak.

Rio Zakaria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *