Bandara untuk perjalanan dengan pesawat

Hari ini setiap orang dapat menikmati perjalanan dengan menaiki pesawat terbang. Harga tiket yang semakin murah dari jajaran Low Cost Airlines memberikan kesempatan bagi semua yang ingin  liburan ke luar atau dalam negeri dengan biaya perjalanan yang relatif murah dan cepat. Bagi yang pertama kali naik pesawat terbang, mungkin agak sedikit membingungkan daripada naik moda transportasi lainnya, seperti naik kereta api atau naik bis. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika akan naik pesawat terbang pertama kali, dari mulai check in hingga saat boarding pass.

Pertama, siapkan tiket pesawat yang sekarang dapat dibeli secara online via website pemesanan tiket. Selesai melakukan pemesanan, Anda akan dikirimkan e-ticket melalui alamat e-mail yang Anda daftarkan ketika memesan tiket pesawat untuk dicetak dan dibawa pada saat keberangkatan di bandara. Kita bisa bebas menentukan apakah ingin membeli tiket pesawat pulang pergi ataupun hanya untuk satu kali perjalanan sesuai dengan planning perjalanan yang sudah Anda rancang.

Kedua, kenali maskapai penerbangan yang Anda pilih untuk perjalanan dan cari diterminal bandara mana maskapai pesawat tersebut. Pada saat masuk ke terminal bandara Anda tinggal menunjukkan kertas tiket pesawat yang sudah Anda beli sebelumnya. Siapkan tiket di simpan dalam tas kecil khusus menaruh ponsel serta dokumen-dokumen untuk pendukung perjalanan seperti KTP, paspor, dan tiket pesawat agar tidak membuang waktu untuk mencarinya lagi di bandara saat Anda ingin Check In.

Ketiga, bawalah barang-barang bawaan seperlunya, karena di bandara kita akan melewati pengecekan barang sebanyak tiga kali, mulai dari pertama sebelum ke konter check in dan kedua dan ketiga sesaat sebelum memasuki ruang boarding. Pisahkan barang-barang berharga ke tas tersendiri yang bisa dibawa di  bagasi kabin atau disimpan cukup di tas tangan yang bisa kita bawa dalam kabin. Pastikan juga kita memperhatikan kuota berat bagasi yang sudah ditentukan oleh maskapai penerbangan.

Keempat, lakukan check in di counter maskapai penerbangan yang ingin kita naiki. Siapkan KTP dan e-tiket pesawat yang sudah dicetak. Apabila masih belum memahami dimana counter check in penerbangan kita, tanyakan kepada petugas bandara terdekat, mereka akan senang hati memberitahukan Anda. Setelah check in, kita akan mendapatkan sebuah boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Di boarding pass akan tercantum nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan pesawat kita.

Kelima, di counter check in, Anda sudah harus menyiapkan tas yang akan Anda taruh di bagasi pesawat. Letakkan tas-tas di timbangan yang berada di dekat petugas, dan tas-tas Anda akan diberi label khusus dan tanda bukti nomor tas yang masuk ke bagasi oleh petugas. Jangan sampai tanda bukti nomor tas ini hilang karena sebuah keharusan untuk mengambil tas di bandara tujuan.

Keenam, selesai check in, Anda bisa langsung masuk ke ruang boarding yang dipisahkan oleh gate. Duduklah di gate sesuai yang tertera di boarding pass. Tanya saja kepada petugas disana apabila Anda tak yakin. Di ruang boarding, Anda bisa istirahat menunggu pesawat dan untuk mengetahui informasi status kedatangan pesawat Anda, perhatikan informasi rute pesawat dan nomor penerbangan kita yang akan diumumkan petugas.

Ketujuh, masuklah ke dalam pesawat dan pastikan kembali nomor kursi Anda. Bila kursi Anda memang berada di urutan nomor awal, naiklah dari pintu depan. Dan sebaliknya, jika kursi Anda ternyata memiliki nomor tengah sampai akhir, lebih baik naik saja dari pintu belakang. Bila Anda membawa sebuah koper kecil yang muat di bagasi kabin pesawat, Anda bisa segera meletakkannya di bagasi kabin di atas kursi yang Anda duduki. Tetapi jika Anda hanya membawa sebuah tas tangan kecil, tak perlu menaruhnya dalam bagasikabin, Anda cukup memangkunya saat duduk. Selesai menaruh tas di dalam bagasi kabin, duduklah dan langsung kenakan sabuk pengaman.

Kedelapan, sesampai di bandara kota tujuan, lepaskanlah sabuk pengaman setelah pesawat benar-benar berhenti. Untuk mengambil tas yang telah dititipkan di bagasi pesawat, Anda harus langsung menuju ke tempat pengambilan bagasi sesuai dengan nomor pesawat Anda dan tunjukkan nomor tanda bukti penitipan ke petugas. Agar memudahkan dalam pengambilan tas, sebaiknya di kota keberangkatan, Anda memberikan tanda khusus atau luggage tag di tas yang akan Anda titipkan atau bisa memilih warna tas dan koper yang mencolok.

 

IMG-20160812-WA0017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *